PSIKOLOGI UNIBOS GELAR WORKSHOP PENELITIAN KUALITATIF

PSIKOLOGI UNIBOS GELAR WORKSHOP PENELITIAN KUALITATIF

Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dosen terkait penelitian kualitatif bidang ilmu psikologi, Fakultas Psikologi Universitas Bosowa (

Topik Bullying Menjadi Pembahasan Seminar Psikologi Kesehatan Unibos
GURU BESAR UGM BERI KULIAH UMUM DI UNIBOS
PENULIS BUKU CERITA ANAK BERBAGI PEMBAHASAN MORALITAS DI UNIBOS

Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dosen terkait penelitian kualitatif bidang ilmu psikologi, Fakultas Psikologi Universitas Bosowa (Unibos) gelar workshop penelitian metode kualitatif, Senin (20/02).

Kegiatan yang digelar di Auditorium Aksa Mahmud ini dihadiri 30 orang dosen dari berbagai Universitas di Makassar. Beberapa diantaranya diikuti oleh Dosen Psikologi Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Negeri Makassar (UNM), Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Universitas Muhammadiyah (Unismuh) dan juga para Dosen Psikologi Unibos.

Kegiatan yang dilangsungkan selama dua hari ini bekerja sama dengan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Wilayah Sulawesi Selatan dan dihadiri langsung Ketua Himpsi Sulsel.

Ketua Himpsi Sulsel menuturkan workshop ini dilangsungkan untuk menambah kompetensi para dosen dalam menyelaraskan pengetahuan terkait penelitian kualitatif.

“Workshop ini memang perlu diadakan untuk menyatukan persepsi para dosen khususnya dosen psikologi agar memahami penelitian kualitatif lebih dalam. Sehingga kedepannya, keluaran penelitian kualitatif itu dapat menjadi searah bukan hanya dari segi metode yang digunakan tetapi juga memahami teori dan tekniknya, khusus dalam penggunaan prinsip dan metode NVIVO”, tutur Dr. Asniar Khumas.

Workshop yang menghadirkan dua pemateri dari Psikologi Universitas Indonesia, Dr. Mirra Noor Milla dan Arie Suciyana S.S.Si.,M.Si ini juga dirangkaikan dengan pengenalan software pendukung penelitian tersebut untuk pengimplementasian materi penelitian yang diberikan.

Dekan Fakultas Psikologi Unibos yang turut membuka acara ini mengungkapkan maksud kegiatan yang memang ditujukan memberikan bekal para dosen psikologi dan anggota Himpsi terkait kebutuhan peningkatan skill dalam bidang ini.

Menurutnya, manfaat untuk workshop ini juga mewujudkan hasil penelitian kualitatif yang berbobot dan dijalankan sesuai kaidah ilmiah dalam penelitian. Sehingga memberi manfaat baik secara kerangka ilmu dan praktis di masyarakat.

“kita melihat penelitian kualitatif dalam bidang psikologi ini memang banyak diminati mahasiswa. Sehingga dosen pembimbing dalam penelitian kualitatif ini perlu untuk menyeragamkan teknik penelitian yang saat ini memiliki banyak referensi dan persepsi. Olehnya, dilakukan workshop untuk menyatukan pemahaman terkait penerapan metode penelitian kualitatif ini”, ungkap Minarni, S.Psi.,M.A.

COMMENTS