KULIAH TAMU HI UNIBOS BAHAS PEMBANGUNAN INTERNASIONAL

KULIAH TAMU HI UNIBOS BAHAS PEMBANGUNAN INTERNASIONAL

Program Studi Hubungan Internasional (HI) Universitas Bosowa (Unibos) kembali menggelar sesi Kuliah Tamu di Ruang Kuliah Lantai 3 Gedung I Unibos, Kam

HI Unibos Bersama ICRI Hadirkan Profesor Tamu Swiss
PPI Tiongkok Gelar Education Expo Bersama Fisipol Unibos
Seminar Nasional HI Unibos Bahas Desentralisasi dan Kerja Sama Global

Program Studi Hubungan Internasional (HI) Universitas Bosowa (Unibos) kembali menggelar sesi Kuliah Tamu di Ruang Kuliah Lantai 3 Gedung I Unibos, Kamis (23/02).

Kegiatan yang merupakan rangkaian Laboratorium HI, kali ini dilaksanakan dengan mengusung tema Practicing Aid and Development : A General Overview.

Menghadirkan Mario Abdul Fattah,S.Ip sebagai pemateri, Kuliah Tamu ini memberikan gambaran kepada mahasiswa HI Unibos terkait bagaimana memahami dan memetakan aktifitas dalam kajian pembangunan internasional. Hal ini diangkat juga sebagai salah satu isu yang menarik perhatian para penstudi HI dibeberapa dekade belakangan ini.

Pemateri yang juga sebelumnya terjun sebagai project consultant dibeberapa program berskala global ini memaparkan topik yang menarik perhatian mahasiswa khususnya mengenai sejarah, aktor serta mekanisme dalam bantuan dan pembangunan internasional.

Lebih jauh dalam pemaparannya, Mario Abdul yang kini sedang menyelesaikan studi S2 di School of Social Science Monash University ini mencoba lebih memetakan dan mengajak mahasiswa untuk lebih kritis terhadap beberapa poin inti dalam tema yang diangkat ini.

“Dalam bantuan dan pembangunan internasional, ada beberapa hal yang sangat perlu untuk kita kaji kembali. Hal ini berhubungan dengan partisipasi negara donor, isu dan area target, juga mekanisme yang muncul sebagai tantangan dalam pembangunan internasional yang berhubungan dengan bantuan luar negeri. Ini yang semestinya mampu menjadi bahan kajian mahasiswa untuk lebih kritis pada arah kebijakan tersebut”, tuturnya.

Melalui sesi Kuliah Tamu yang dihadiri mahasiswa HI Unibos ini dilakukan juga sebagai perwujudan proses perkuliahan yang lebih efektif dan menarik. Ketua Prodi HI, Zulkhair Burhan,S.Ip.,MA juga menyebutkan ini bisa menjadi bentuk untuk memberikan pemahaman lebih bagi mahasiswa terkait isu yang sedang marak di masyarakat agar lebih diketahui dari aktor yang terlibat.

“Selain memberikan informasi lebih kepada mahasiswa, sesi Kuliah Tamu yang menjadi agenda rutin ini juga dilakukan untuk mendorong mahasiswa agar mampu meningkatkan rasa ingin tahu dalam mengembangkan studi HI di lingkup Unibos”, ungkap Ketua Prodi HI.

COMMENTS