HARI PERTAMA, KSR PMI UNIBOS KUMPULKAN 40 KANTONG DARAH

HARI PERTAMA, KSR PMI UNIBOS KUMPULKAN 40 KANTONG DARAH

Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Unit 105 Universitas Bosowa (Unibos) menggelar aksi donor darah di Lobby Gedung I Universitas Bosowa,

IZIN PEMBUKAAN PRODI BARU KELUAR, UNIBOS KINI MILIKI PRODI S1 TEKNOLOGI INFORMASI
FK Unibos dan Bosowa Peduli Gelar Skrining Mata di 14 Kecamatan
LPPM UNIBOS GELAR WORKSHOP PENELITIAN DISERTASI DOKTOR DIIKUTI 100 PESERTA

Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Unit 105 Universitas Bosowa (Unibos) menggelar aksi donor darah di Lobby Gedung I Universitas Bosowa, Selasa (21/03).

Kegiatan yang rutin diadakan lima kali dalam setahun ini menjadi aksi donor darah pertama di tahun 2017. Donor darah yang diikuti mahasiswa Unibos dan seluruh civitas akademika Universitas Bosowa ini digelar atas dukungan langsung PMI Kota Makassar.

Selain aksi donor darah, KSR PMI Unit 105 Universitas Bosowa juga mengajak PT.Kimia Farma untuk mengadakan pengecekan kesehatan kulit gratis atas dukungan terhadap kepedulian dan peningkatan kesehatan kulit di kalangan mahasiswa.

Acara yang digelar selama tiga hari hingga 23 maret 2017 ini berhasil mendapatkan 40 kantong darah. Ketua KSR PMI Unit 105 Unibos, Noriman Isma Wahyudi menuturkan kegiatan ini memang rutin diadakan bukan hanya membantu PMI Kota Makassar untuk memenuhi kebutuhan kantong darah. Diluar dari itu, donor darah sangat membantu pendonor dalam menjaga sehat.

“Satu kantong darah itu bisa menyelamatkan tiga nyawa pasien. Selain untuk mengajak mahasiswa agar mampu saling berbagi untuk yang membutuhkan, donor darah ini juga diperuntukan agar para mahasiswa lebih memberi perhatian dalam menjaga kesehatan tubuh dengan cara yang positif”, paparnya.

Hal tersebut juga disampaikan koordinator dari PMI Kota Makassar dalam pelaksanaan donor darah di Unibos kali ini. “Darah itu memiliki beberapa komponen dan akan digunakan berdasarkan kebutuhan pasien. Selain regenerasi darah dan menjaga sistem kekebalan tubuh, donor darah juga sangat baik bagi kesehatan jantung yang berfungsi untuk memompa darah. Sehingga donor darah bisa mendukung untuk jantung menjalankan fungsinya dengan baik”, ungkap Sri Ratnadewi.

Disela aksi donor darah ini, Noriman menambahkan akan melanjutkan aksi peduli sehat dengan menggelar dialog publik. Kegiatan yang akan dilangsungkan pada bulan April mendatang tersebut mengangkat topik terkait sistem jaminan sosial bagi korban kecelakaan.

 

COMMENTS