Unibos PT Swasta Pertama Terima SK Izin Pembukaan Prodi Bahasa Mandarin di Indonesia Timur

Unibos PT Swasta Pertama Terima SK Izin Pembukaan Prodi Bahasa Mandarin di Indonesia Timur

Menunjukan pengembangan dalam pembukaan program studi baru,kali ini Universitas Bosowa (Unibos) diberi kepercayaan untuk membuka Program Studi Bahasa

PERERAT SILATURAHMI, UNIBOS GELAR HALAL BIHALAL
CDC Unibos Bantu Pengembangan Diri Mahasiswa Hadapi Dunia Kerja
ALFRIDUS PATRISIUS PIMPIN MENWA UNIBOS

Menunjukan pengembangan dalam pembukaan program studi baru,kali ini Universitas Bosowa (Unibos) diberi kepercayaan untuk membuka Program Studi Bahasa Mandarin untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional.

Surat Keputusan (SK) izin pembukaan Prodi baru Unibos ini diserahkan langsung oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX Sulawesi, Prof Jasruddin, M.Si kepada Rektor Unibos Prof Saleh Pallu, M.Eng di Kantor LLDikti Wilayah IX, Selasa (05/11/2019).

SK dengan nomor 746/KPT/I/2019 ini diserahkan dengan disaksikan para Wakil Rektor Unibos, Ketua Program Studi Bahasa Mandarin Unibos, Sekretaris Pelaksana dan Kepala Bagian LLDikti Wilayah IX.

Prof Jasruddin, M.Si berharap dengan pendirian prodi baru ini dapat menjadi motivasi dan mendorong perguruan tinggi lainnya untuk menciptakan generasi yang dapat berbasis speaking oriented untuk bahasa dunia yang satu ini.

“Belajar bahasa seperti bahasa inggris memang sudah dimulai sejak dibangku sekolah dasar hingga di bangku kuliah. Tetapi masih tetap saja ada lulusan yang belum mampu lancar menggunakan bahasa inggris. Ini akan sama jadinya apa bila bahasa mandarin tidak diorientasikan dengan speaking skill. Sehingga saya berharap Unibos menjadi pendongkrak perkembangan bahasa mandarin di perguruan tinggi khususnya di lingkup LLDikti Wilayah IX. Apa lagi Unibos ini kampus swasta pertama yang memiliki prodi bahasa mandarin di Timur Indonesia”, ungkapnya.

Kepala LLDikti Wilyah IX menambahkan “Bahasa mandarin saat ini telah menjadi bahasa dunia dan penting untuk dipelajari. Siapa sangka jika kelak memungkinkan bahasa mandarin menjadi bahasa utama apabila China telah bertumbuh menjadi negara yang kuat dan negara yang memegang perdagangan utama dunia. Sehingga saya ingin mahasiswa bahasa mandarin Unibos kelak setelah dua (2) semester sudah bisa lancar berbahasa mandari. Dan nanti di tahun ke-tiga, mahasiswa Unibos dapat menjadi mentor bagi perguruan tinggi lainnya yang akan membuka prodi mandarin”, tambahnya.

Hal tersebut juga disambut baik oleh Rektor Unibos. “Bahasa Mandarin ini memang salah satu prodi yang telah dirintis sejak awal tahun 2019. Salah satu pendukung pengembangan skill mahasiswa yaitu kami telah membentuk china corner bekerjasama Anhui University China. Kedepan jika perkuliahan telah jalan dengan baik kita juga akan berikan kursus khusus bagi seluruh civitas akademika Unibos untuk belajar bahasa mandarin”, kata Prof. Saleh Pallu, M.Eng

Selanjutnya Prodi Bahasa Mandarin ini akan berada dibawah naungan Fakultas Sastra Unibos dan akan memulai penerimaan mahasiswa baru periode 2020.

COMMENTS