TEROBOSAN BARU,  UNIBOS RAIH 10 BESAR PENDANAAN PENELITIAN DAN PERINGKAT PERTAMA PENGABDIAN MASYARAKAT

TEROBOSAN BARU, UNIBOS RAIH 10 BESAR PENDANAAN PENELITIAN DAN PERINGKAT PERTAMA PENGABDIAN MASYARAKAT

Universitas Bosowa (Unibos) kembali menorehkan kemajuannya dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu dalam bidang penelitian dan pengabdian

Dosen Unibos Bantu Warga Maros Kelola Bakso Ikan Bandeng
Dosen Unibos Perkenalkan Teknologi Budidaya Cacing Penghasil Pupuk Kascing
Dosen Unibos Gelar Pendampingan Kerajinan Adat di Desa Lengkese

Universitas Bosowa (Unibos) kembali menorehkan kemajuannya dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat. Pencapaian Unibos kali ini ditunjuknya dengan raihan peringkat 10 besar pendanaan penelitian dan peringkat pertama pengabdian masyarakatse-Indonesia.

Dalam pencapaian 10 besar bidang penelitian klaster madya,Unibos berhasil meloloskan 31 judul penelitian dalam berbagai bidang untuk didanai oleh Kemenristek Dikti. Sedangkan dalam bidang pengabdian masyarakat,Unibos berhasil meloloskan 29 judul dan meraih judul terbanyak dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia pada tahun 2020 ini.

Hal tersebut juga diungkapkan Rektor Unibos saat ditemuiusai mendapatkan informasi tentang pencapaian Unibos ini. “Hal ini merupakan suatukerja keras dari kita semua utamanya para dosen yang berjuang untuk menerbitkanproposal penelitian dan pengabdiannya. Namun disini kami tetap harus terusmendorong para dosen utamanya dosen muda untuk terus memacu diri dalammeningkatkan penelitian dan pengabdian hingga kedepan Unibos bias naikperingkat dari madya ke utama. Alhamdulillah hasilnya kali ini optimal karenakita sering mengadakan workshop dan seminar. Sehingga proposal para dosen dapatterkontrol dengan baik”, ungkap Prof. Sale Pallu, M.Eng.

Selain itu, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unibos turut menyambut baik pencapaian ini. Menurutnya ini merupakan terobosan besar yang patut disyukuri dan menjadi bahan perhatian bagi seluruh tenaga pengajar Unibos. “Memang kami fokus dalam pengembangan kemampuan penulisan artikel ilmiah dosen. Kami mendampingi, memantau, mengevaluasi hingga bagaimana kemampuan peneliti dan pengabdi dapat meningkat dari tahun ke tahun.

Dalam setiap seminar dan workshop juga tidak lupa kami terus menerus menghadirkan pakar yang memang menguasai bidang tersebut dari Kemenristek Dikti. Sehingga pengetahuan peneliti dan pengabdi memahami banyak hal yang membuat lebih mudah dalam pelaksanaan pembuatan proposal”, tutur Dr. Haeruddin Saleh, M.Si. “Kami berharap dapat terus mendorong dosen meningkatkan publikasinya. Hingga mencapai target 50% dari jumlah dosen yang saat ini total dosen Unibos yaitu 251 orang. Kami juga masih perlu pembinaan khususnya dosen baru”,tambahnya.

COMMENTS