MENJALANKAN PENGABDIAN DI BARRU, DOSEN UNIBOS KEMBANGKAN PENGHASILAN PETANI GULA MERAH DAN GULA SEMUT

MENJALANKAN PENGABDIAN DI BARRU, DOSEN UNIBOS KEMBANGKAN PENGHASILAN PETANI GULA MERAH DAN GULA SEMUT

Desa Gattareng Kabupaten Barru kini menjadi desa binaan Dosen Universitas Bosowa (Unibos) yang menjalankan pengabdian di wilayah tersebut. Pengabdian

Dosen Unibos Lakukan Pemberdayaan Kelompok Tani Kentang di Kawasan Ulu Ere
DOSEN FE UNIBOS RAIH GELAR DOKTOR DENGAN PREDIKAT SANGAT MEMUASKAN
Warga Pangkep Dibantu Dosen Unibos Tingkatkan Produksi Abon Bandeng

Desa Gattareng Kabupaten Barru kini menjadi desa binaan Dosen Universitas Bosowa (Unibos) yang menjalankan pengabdian di wilayah tersebut. Pengabdian yang dilaksanakan yaitu membantu peningkatan penghasilan Petani Enau, kelompok masyarakat yang bergerak dalam industri gula merah dan gula semut. Kegiatan pengabdian ini dilakukan Senin (25/02/2019).

Dalam pengabdian yang dilakukan, Dosen Unibos Dr. Sukmawati, Dr. Seri Suriani, Muh. Kafrawi Yunus, M.Si tidak hanya memberikan pendampingan dalam bidang produksi tetapi juga memperkenalkan teknologi terbaru dalam pembuatan gula merah dan gula semut.

Kepala Desa Gattareng menuturkan “selama ini kami memang kadang terhambat dibagian produksi. Dimana hasil olahan kami tidak dapat bertahan lama san cepat rusak. Sehingga dengan adanya pendampingan ini sekiranya pengetahuan petani enau ini bisa melakukan peningkatan produk agar penghasilannya juga meningkat”, ungkapnya.

Dr. Sukmawati mengakatan tujuan kegiatan ini salah satunya memang diperuntukan untuk merubah pola piker masyarakat dalam mengelola hasil produksi. “Selanjutnya setelah kami lakukan pendampingan dan melakukan evaluasi, kedepan kami juga akan memberikan pendampingan terkait bagaimana peningkatan pangsa pasar dengan usaha ini”, tutur Dosen Fakultas Ekonomi Unibos.

— 

COMMENTS