Meningkatkan Kemampuan Internasionalisasi, Mahasiswa HI Unibos Ikuti Praktik Diplomasi

Meningkatkan Kemampuan Internasionalisasi, Mahasiswa HI Unibos Ikuti Praktik Diplomasi

Mengusung tema Term of Reference Multi Stage Negotiation Simulation : Security Cooperation Strengthening in Sustainable Development Goals Era, Prodi H

Seminar Nasional HI Unibos Bahas Desentralisasi dan Kerja Sama Global
KULIAH TAMU HI UNIBOS BAHAS PEMBANGUNAN INTERNASIONAL
PEMUTARAN FILM DAN BAZAR BUKU MERIAHKAN ACADEMIC FEST HI UNIBOS 2017

Mengusung tema Term of Reference Multi Stage Negotiation Simulation : Security Cooperation Strengthening in Sustainable Development Goals Era, Prodi Hubungan Internasional (HI) Universitas Bosowa (Unibos) gelar Praktik Diplomasi. Kegiatan yang ditujukan sebagai perwujudan mata kuliah praktik diplomasi oleh dosen pengampuh Fivi Elvira, S.Ip.,M.A ini dilaksanakan di Lantai 2 Aryaduta Hotel, Kamis (23/05/2019).

Dibuka oleh Wakil Rektor I Unibos Baharuddin, Ph.D didampingi dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Arief Wicaksono, MA, praktik diplomasi yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan hubungan internasional ini diikuti 75 mahasiswa HI Unibos.

Maksud kegiatan ini juga diutarakan Ketua Prodi HI Unibos yang hadir menyaksikan para mahasiswa beradu kemampuan dalam kegiatan ini.

“Kami laksanakan ini sebagai program rutin untuk meningkatkan skill diplomasi mahasiswa melalui forum formal yang didesain khusus untuk mahasiswa seakan-akan mewakili negara-negara lain. Disini mahasiswa diuji untuk bagaimana dapat memperluas wawasan dengan menyampaikan argumentasi dan gagasannya khusus mengenai isu-isu kontemporer HI. Ini akan sangat bermanfaat ketika mereka telah betul-betul menjadi luaran yang harus berhubungan dengan negara luar”, katany Zulkhair Burhan, S.IP.,MA.

“dalam kegiatan seperti inilah yang nantinya dapat menjadi ruang pembelajaran penting bagi mahasiswa. Karena disini tidak hanya tentang kemampuan berbahasa internasional tetapi juga melatih kepercayaan diri dan kebiasaan menyampaikan gagasan secara kritis yang argumentatif”, tambahnya.

Mahasiswa yang menjadi delegasi negara yang tergabung dalam United Nation dalam kegiatan ini menunjukan aksinya dengan beradegan menyampaikan pidato menggunakan bahasa negara yang mereka wakili. Selain itu kegiatan ini juga dilanjutkan dengan praktik beberapa kebudayaan seperti perbedaan aplikasi dalam table manners.

Suardi, salah satu mahasiswa HI Unibos yang ikut dalam praktik diplomasi tersebut mengungkapkan beberapa hal positif yang diperolehnya usai kegiatan ini dilakukan.

“disini kami belajar memahami isu apa yang sedang menjadi pemhasan global, melatih kemampuan berbicara kami di depan umum, melatih cara kami bernegosiasi, memperkenalkan kepada kami etika diplomasi dan sekiranya dapat menambah wawasan bahasa kami”, katanya.

COMMENTS