DOSEN UNIBOS KEMBANGKAN PRODUKSI ABON IKAN BANDENG DI DESA BORIMASUNGGU

DOSEN UNIBOS KEMBANGKAN PRODUKSI ABON IKAN BANDENG DI DESA BORIMASUNGGU

Sebagai bentuk pelaksanaan Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD), Dosen Universitas Bosowa (Unibos) gelar pelatihan produksi abon ikan b

MENINGKATKAN POTENSI, DOSEN UNIBOS BERI MANAJEMEN STRATEGI PENGEMBANGAN TEMPAT WISATA
Dosen Unibos Bantu Pengembangan Produk Berbahan Nanas
BUKU DEKAN FAKULTAS HUKUM UNIBOS DITERBITKAN PENERBIT NASIONAL

Sebagai bentuk pelaksanaan Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD), Dosen Universitas Bosowa (Unibos) gelar pelatihan produksi abon ikan bandeng cabut duri. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Borimasunggu Kecamatan Maros Baru Kabupaten Maros, Rabu (27/11/2019).

Kegiatan yang melibatkan UKM Tegar Mandiri sebagai UKM penghasil usaha di bidang perikanan, Dosen Unibos termasuk Dr. Ir. Andi Abriana, MP, Dr. Ir. Erni Indrawati, M.Si dan Ir. Rahmawati Rahman, M.Si melaksanakan kegiatan ini dalam bentuk penyuluhan dan pelatihan penganekaragaman produk bandeng cabut duri menjadi abon ikan bandeng. Dimulai dari pengolahan ikan bandeng menjadi bandeng cabut duri, proses pemasakan untuk melunakkan daging ikan bandeng, penyuwiran daging ikan bandeng, penggorengan hingga abon ikan bandeng siap konsumsi dan siap jual.

Abon ikan bandeng yang dikemas dalam standing pouch dengan berat 125 gram per pouch ini dilaksanakan dengan diperuntukan untuk membantu peningkatan ekonomi masyarakat dengan menghasilkan produk unggulan daerah yang dapat memiliki nilai saing dan nilai jual lebih.

Hal tersebut juga dituturkan oleh salah satu tim dosen Unibos, Dr. Ir. Andi Abriana, MP. “Abon ikan bandeng yang dihasilkan dari kabupaten Maros ini kita olah dengan differensiasi rasa yang lebih gurih dan tahan lama. Awalnya ikan bandeng kita pilih karena Kabupaten Maros memang lebih dikenal dengan penghasil Ikan bandeng dan memang ikan bandeng sangat disukai mashyarakat hanya saja masih takut dengan durinya. Sehingga produk ini kita olah dan produksikan untuk inovasi ikan bandeng yang lebih diminati masyarakat”, ungkapnya.

COMMENTS