Dosen Unibos Bantu Tingkatkan Nilai Ekonomi Rumput Laut di Takalar

Dosen Unibos Bantu Tingkatkan Nilai Ekonomi Rumput Laut di Takalar

Sebagai bagian dari program pengabdian kepada masyarakat, Tim Dosen Universitas Bosowa (Unibos) Amal Aqmal, S.Pi, M.Si (Fakultas Pertanian), Hj. Fatma

DOSEN UNIBOS BANTU PENINGKATAN HASIL PENGRAJIN TEMBAGA
PEMBUATAN PUPUK BOKASHI LIMBAH TEH DAN SAPI DIKEMBANGKAN DOSEN UNIBOS DI BANTIMURUNG
Dosen Unibos Bantu Pengembangan Agrowisata Desa Pao

Sebagai bagian dari program pengabdian kepada masyarakat, Tim Dosen Universitas Bosowa (Unibos) Amal Aqmal, S.Pi, M.Si (Fakultas Pertanian), Hj. Fatmawati, S.TP,MPd (Fakultas Pertanian) dan Nur Hadijah Yunianti S.T, M.T (Fakultas Teknik) bantu warga Desa Punaga Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar dalam peningkatan nilai ekonomi rumpul laut, Sabtu (12/10/2019).

Kegiatan yang diperuntukan kepada masyarakat desa mitra ini difokuskan untuk meningkatkan keterampilan kelompok mitra dalam pengelolaan pascapanen rumput laut dari petik jual menjadi petik olah jual.

Menurut Dosen Unibos, Amal Aqmal, S.Pi, M.Si “kami lakukan ini agar nilai ekonominya lebih meningkat sehingga kami memberikan pelatihan pembuatan bakso rumput laut dipadukan dengan surimi ikan alu-alu. Jadi produk yang kami ciptakan bukan pure rumput laut tetapi olahan pascapanen rumput lautnya’, tuturnya.

Sampara Daeng Nyau selaku petani rumpt laut di desa tersebut yang juga mendapatkan pelatihan ini mengungkapkan “kegiatan ini setidaknya dapat membantu menambah wawasan kami dalam pengolahan pascapanen rumput laut menjadi prodak instan yang siap konsumsi atau dijual. Kami berharap kedepan kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara berkalanjutan, dengan produk jenis lain, agar dapat meningkatkan pendapatan keluarga petani rumput laut”, harapnya.

COMMENTS