DARI TIMUR TERBIT AKAL SEHAT, TEMA KULIAH UMUM ROCKY GERUNG DI UNIBOS

DARI TIMUR TERBIT AKAL SEHAT, TEMA KULIAH UMUM ROCKY GERUNG DI UNIBOS

Didampingi oleh Founder Bosowa H.M.Aksa Mahmud, Rocky Gerung hadir di Unibos juga bersama Rektor UHAMKA Periode 2013-2017. Kegiatan yang dibuka Rektor Unibos, Prof Saleh Pallu, M.Eng dihadiri jajaran pimpinan Unibos.

HI UNIBOS PERSIAPKAN GARAP FILM DOKUMENTER
PEMUTARAN FILM DAN BAZAR BUKU MERIAHKAN ACADEMIC FEST HI UNIBOS 2017
Pusat Studi Desentralisasi dan Kerja Sama Global Fisipol Unibos Bahas Lingkungan Hidup

Dalam rangka mewujudkan salah satu pilar Universitas Bosowa (Unibos) termasuk berwawasan global dan melahirkan tokoh nasional, Unibos kembali menghadirkan tokoh inspirator dalam dunia filsuf untuk berbagi ilmu dalam kuliah umum. Kegiatan tersebut menghadirkan Rocky Gerung di Balai Sidang 45 Unibos Makassar, Rabu (19/12/2018).

Kuliah Umum yang dihadiri hampir 2.000 peserta ini tidak hanya dari kalangan mahasiswa dan civitas akademika Unibos, tetapi juga dari para mahasiswa di Sulawesi Selatan termasuk UMI, UNISMUH, UIN, UNHAS, UNM dan beberapa perguruan tinggi lainnya.

Didampingi oleh Founder Bosowa H.M.Aksa Mahmud, Rocky Gerung hadir di Unibos juga bersama Rektor UHAMKA Periode 2013-2017. Kegiatan yang dibuka Rektor Unibos, Prof Saleh Pallu, M.Eng dihadiri jajaran pimpinan Unibos.

Dengan mengangkat tema “Dari Timur Terbit Akal Sehat”, Rocky Gerung selaku filsuf memberikan beberapa pemahaman hakikat generasi millenial harus mempersiapkan diri menghadapi perkembangan berbagai industri dengan akal sehat.

“Kita berbincang tentang industri 4.0 yang erat kaitannya dengan masa depan millenial. Dunia sekarang bukan menuntut kita untuk hanya bertindak, bukan untuk pencitraan tanpa pemikiran, tetapi yang dibutuhkan adalah bagaimana kita bisa menggunakan akal sebagai investasi terbesar untuk mengubah bangsa. Jangan hanya full pencitraan tetapi kurang pemikiran. Generasi millenial harus menghindari itu agar ilmu pengetahuannya tidak sia-sia”, kata Rocky Gerung.

“Untuk mahasiswa yang suka melakukan kritisasi terhadap berbagai hal, akal sehat juga bisa digunakan untuk menjadi lemparan berkualitas. Jika ingin beraspirasi, akal sehat tentunya menuntun kita untuk beraspirasi dengan wacana yang berkualitas, dengan kritisisme yang bisa langsung sampai pada titik tujuan. Bukan kritis dengan membakar ban atau menutup jalan hingga merugikan masyarakat. jika ingin menjadi sejahtera, menjadi baik, gunakan akal sehat. Sebab akal sehat ini diciptakan untuk kita bida belajar dengan baik bagaimana kita mampu bercakap, berkomunikasi, dan bersosialisasi juga menjaga hubungan dengan baik”, tambah Rocky Gerung.

Selanjutnya Rektor Unibos juga mengharapkan agar mahasiswa dapat belajar bagaimana bertindak yang baik sesuai ranah mahasiswa sebagai gen millenial yang tidak merugikan masyarakat. “Dari kuliah umum tadi mestinya mahasiswa juga belajar bagaimana melakukan kritis dengan cara yang benar, dengan argumen yang berkualitas. Sehingga kelak jika ruang publik terbuka untuk menyampaikan aspirasi, jangan melakukan hal yang merugikan, tetapi ciptakan ruang aspirasi yang berkualitas”, kata Prof. Saleh Pallu, M.Eng.

COMMENTS