MENGKAJI WIRAUSAHA, DOSEN UNIBOS RAIH GELAR DOKTOR

MENGKAJI WIRAUSAHA, DOSEN UNIBOS RAIH GELAR DOKTOR

Dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bosowa (Unibos) berhasil menyelesaikan studi Doktoral dalam bidang Ilmu Pendidikan Ekonomi di Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (UNM), Selasa (18/07).

Cahyono,SE.,M.Si berhasil meraih gelar doktornya dengan pencapaian IPK 3,82 dan Mendapatkan nilai promosi A pada ujian promosi ini.

Dalam ujian promosi yang mengkaji Pengaruh Kreativitas dan Inovasi Sebagai Determinasi Perilaku Wirausaha Terhadap Keberlangsungan Usaha Jasa Makanan dan Minuman di Kota Makassar ini turut dihadiri Rektor Unibos bersama para Wakil Rektor juga civitas akademika FE Unibos.

Dengan mengangkat topik wirausaha yang melibatkan 341 UKM di Makassar sebagai objek penelitian, Cahyono,SE.,M.Si memberikan beberapa pemaparan terkait hal-hal yang berpengaruh terhadap kemajuan dunia wirausaha khususnya rumah makan di Makassar.

Menurutnya, dari segala kemungkinan pengaruh, inovasi produklah yang paling menentukan tingkat keberlangsungan sebuah usaha dalam bidang kuliner ini.

“Jika dilihat secara posisi, Makassar memang cukup strategis dalam mengembangkan usaha kuliner. Tetapi perkembangannya hanya akan lebih efesien jika masyarakat memiliki kemampuan dalam pengembangan produk. Seperti jenis produk, varian rasa, pengolahan penyajian dan hal-hal kreatif lainnya. Disini juga peran pemerintah dapat memberi fasilitas kepada pemegang UKM untuk dibina dalam pengadaan pembaharuan produk usahanya. Hal itu dapat dilakukan dengan pelatihan-pelatihan”, tutur Cahyono,SE.,M.Si.

“Hal yang patut diperhatikan dalam keberlangsungan usaha juga dilihat dari ketersediaan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, menjaga kualitas produk, dan menjaga nilai jual
produk”, tambah Dosen FE Unibos ini.

Promosi yang dilakukan di Aula PPs UNM lantai 5 ini juga mendapat dukungan dari Rektor Unibos. “Saya bangga setiap ada dosen yang menyelesaikan studi doktornya. Ini menunjukan jika sumber daya manusia Unibos memiliki perkembangan. Sehingga diharapkan kedepannya, para tenaga pendidik di Unibos mampu memberi kontribusi dalam pengembangan pendidikan di  Universitas Bosowa”, ungkap Prof. Saleh Pallu.

Ujian ini berlangsung dengan menghadirkan Prof. Dr. Hj. Siti Haerani,SE.,M.Si sebagai Promotor dan Prof. Dr. Anwar Ramli,SE.,M.Si sebagai Kopromotor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *