BERAGAM BUDAYA MERIAHKAN CULTURE FEST PSIKOLOGI UNIBOS

BERAGAM BUDAYA MERIAHKAN CULTURE FEST PSIKOLOGI UNIBOS

Mengajak mahasiswa mengenali beragam budaya luar, Fakultas Psikologi Universitas Bosowa (Unibos) gelar Culture Fest 2017 di Balai Sidang 45 Makassar, Kamis (25/05).

Festival yang dilakukan sebagai perwujudan mata kuliah Psikologi Lintas Budaya ini menampilkan keragaman makanan khas dari enam negara. Termasuk Korea, Finlandia, Swiss, China, Jepang dan Australia.

Tidak hanya memperlihatkan keragaman budaya luar, untuk lebih mengenali budaya di beberapa negara itu, Culture Fest ini juga dirangkaikan dengan talkshow dari dua pemateri yang mewakili negara berbeda. Richard Matthew selaku Konsulat Jenderal Australia di Makassar dan Fivi Alvira selaku Dosen Hubungan Internasional Unibos yang merupakan alumni dari salah satu Universitas di Jepang.

Membahas mengenai toleransi untuk memahami perbedaan budaya di beberapa negara, para pembicara memberikan pemahaman pentingnya untuk saling menghargai kebudayaan orang lain.

“Salah satu cirri khas dari Australia sendiri itu mereka dapat disatukan dengan komitmen untuk saling memahami beragam budaya. Apa lagi Australia yang notabennya sebagian besar penduduk itu adalah campuran dari penduduk-penduduk luar yang masuk ke Australia. Tetapi Australia punya cara sendiri untuk membuat kebudayaan ini menyatu. Salah satunya dengan membuka kesempatan bagi para pelajar untuk bersekolah di Australia dan menerima setiap kunjungan wisata dari berbagai negara”, tutur Richard.

Sedangkan Fivi Alvira yang mewakili negara Jepang juga memperkenalkan berbagai budaya dari negara dimana ia melanjutkan studi magisternya dulu. “Jepang itu memiliki banyak kekhasan. Temasuk memiliki toleransi perbedaan terhadap agama yang sangat kuat. Ini menyadarkan kita jika sebagai individu, kita perlu tahu bagaimana bentuk interaksi itu terbentuk. Intinya yang terpenting adalah bagaimana damai dan harmonisasi itu terjalankan”, ungkap Dosen HI Unibos ini.

Salah satu ciri khas yang diangkat dari pameran budaya ini termasuk makanan khas dari masing-masing negara. Seperti Australia yang menampilkan Lamington, Meatpie, dan Bakso Nudget, China yang menampilkan Bakpao dan Siomay Ayam, Korea yang menampilkan Okonomiyaki, Ttokbokki, Ttokkebi, Takoyaki, Jjajangmyeon, Finlandia yang menampilkan Sandwich, Sausage, dan Moktail, Swiss yang menampilkan Blush Drink dan Raclette Cheese Potatoes, juga jepang yang menampilkan ciri khas anime melalui pameran stiker dan penampilan cosplay.

Selain dihibur dengan penampilan tarian dan akustik, para peserta juga menyaksikan penampilan Barongsai yang dihadirkan tim pelaksana. Kegiatan yang berlangsung meriah ini juga dihadiri WR I Unibos, Prof. A. Muhibuddin dan Dekan Fakultas Psikologi Unibos, Minarni, S.Psi.,MA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *