ANGGOTA DPRD SULSEL MEMBAHAS PENDIDIKAN DI UNIBOS

ANGGOTA DPRD SULSEL MEMBAHAS PENDIDIKAN DI UNIBOS

Melirik dunia pendidikan yang tidak terlepas dari peran guru dan pengaruhnya oleh perkembangan teknologi, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bosowa (Unibos) gelar Dialog Pendidikan, Jumat (12/05).

Kegiatan yang diikuti 80 mahasiswa FKIP Unibos ini menghadirkan H. Muslim Salam sebagai pemateri. Anggota DPRD Sulsel Komisi V ini membahas terkait tema yang diusung pada dialog tersebut, Eksistensi Pendidikan di Zaman Percepatan Informasi Internet Vs Guru.

Dalam pembahasan yang melibatkan Wakil Dekan FKIP Unibos M. Ridwan, S.Pd.,M.Pd sebagai moderator, dialog ini memfokuskan bagaimana peran guru yang dituntut tidak hanya memberikan pemahaman terkait mata pelajaran kepada anak didiknya. Melainkan juga bagaimana pentingnya seorang pengajar menanamkan pembelajaran etika untuk membentuk karakter bangsa.

“Karakter bangsa itu penopang majunya sebuah pendidikan di suatu negara. Jika karakter bobrok, maka amburadul pendidikan itu. Disini yang terpenting adalah peran guru sebagai pendidik kedua setelah orang tua. Setiap guru harus mampu memahami karakter yang dididik juga menjadi pengajar yang memberikan pemahaman tidak hanya dari segi keamampuan otak tetapi juga moral”, tutur H. Muslim Salam.

Mengkaitkan dengan teknologi juga peran guru, anggota DPRD Sulsel ini juga menambahkan jika internet itu hanya sebagai media untuk membantu generasi penerus mendapatkan informasi tambahan, bukan sebagai sumber terdidiknya generasi muda, tambahnya.

Kegiatan yang dibuka oleh Dekan FKIP Unibos, Dr. Mas’ud Muhammadiyah ini berlangsung dengan menarik antusias mahasiswa. Pasalnya, setelah pemateri memaparkan kaitan peran guru dan teknologi, satu per satu mahasiswa pun mengajukan pertanyaan terkait kebijakan-kebijakan yang mengatur peran guru di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *