MENDORONG MAHASISWA BERKARAKTER, UKM PMKO UNIBOS GELAR SEMINAR PENDIDIKAN

MENDORONG MAHASISWA BERKARAKTER, UKM PMKO UNIBOS GELAR SEMINAR PENDIDIKAN

Mengusung tema Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Kebangkitan Bangsa, Unit Kegiatan Mahasiswa Persekutuan Mahasiswa Kristen Oikumene (UKM PMKO) Universitas Bosowa (Unibos) gelar seminar pendidikan, Rabu (05/04).

Seminar yang dilaksanakan di Ruang Senat Lantai 9 Gedung I Unibos menghadirkan dua pemateri yang bersama-sama memberi semangat kepada mahasiswa untuk membangun karakter generasi penerus. Kegiatan yang digelar sebagai rangkaian peringatan hari paska UKM PMKO Unibos ini juga diikuti 80 mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas.

Menurut Drs.Setiawan Asward,Ph.D selaku perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan menuturkan kebangkitan atau hancurnya sebuah bangsa itu ditentukan dari karakter generasi penerusnya. Ini yang menyebabkan para generasi penerus harus memiliki jiwa dan karakter yang kuat untuk menghadapi tantangan masa depan.

“Ada tiga bagian yang menjadi faktor pengaruh untuk membentuk karakter. Termasuk, cara pandang atau olah pikir, emosi dalam diri yang mampu memicu kesadaran terhadap suatu hal juga ditentukan bagaimana olah tubuh seseorang yang  menentukan akan melakukan perubahan atau tidak. Dari ini semua akan sulit dilakukan revolusi mental jika pikiran dan kesadaran diri terhadap perubahan itu sangat kecil”, ungkapnya.

Diluar dari hal tersebut, Kol.Kav.Susanto sebagai perwakilan Pangdam VII Wirabuana yang menjadi pemateri seminar ini juga mengajak para mahasiswa untuk menumbuhkan nasionalisme dalam membentuk karakter bangsa.

“Pemuda saat ini memang dihadapkan dengan berbagai tantangan tidak hanya dalam hidup sosial, tapi juga dari segi perkembangan teknologi yang mempengaruhi karakter generasi muda. Sehingga memang dibutuhkan kedisiplinan dan komitmen diri jika memang ingin berkembang. Khususnya menjadikan pancasila sebagai landasan membentuk karakter bangsa, dan menghindarkan diri dari hal-hal yang merusak seperti narkoba dan korupsi”, tutur Kol.Kav.Susanto.

Wakil Rektor III Unibos  yang membuka acara tersebut memberi harapan kedepannya mahasiswa menjadi pemimpin bangsa yang mampu menghadapi berbagai tantangan. “Jika karakter generasi runtuh, maka runtulah bangsa itu juga. Berbagai isu dan persoalan saat ini memang semakin bermunculan. Disinilah peran genarasi muda untuk mampu menghadapinya.
Sebab bangsa tidak akan merdeka jika bukan karena integritas bangsa itu sendiri”, tegas Dr.Abd.Haris Hamid,SH.,MH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *