MENUMBUHKAN JIWA KOMPETISI, HIMA TEKNIK KIMIA UNIBOS GELAR CHEMICAL FAIR

MENUMBUHKAN JIWA KOMPETISI, HIMA TEKNIK KIMIA UNIBOS GELAR CHEMICAL FAIR

Dalam rangka membentuk pelajar memiliki jiwa kompetisi dan sportivitas, Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Bosowa (Unibos) gelar Chemical Fair di Balai Sidang 45 Makassar, Rabu (29/03).

Kegiatan digelar dengan mengadakan Cerdas Cermat Kimia yang pembukaannya dilakukan langsung oleh Wakil Rektor III Unibos juga disaksikan bersama Dekan Fakultas Teknik dan Ketua Prodi Teknik Kimia Unibos.

Cerdas Cermat yang diikuti 36 peserta dengan pembagian 12 tim dari 6 sekolah ini berlangsung dalam beberapa babak. Termasuk pengisian soal pilihan ganda, babak rolling dan final yang hadiah juaranya akan diserahkan pada malam puncak Chemical Fair di bulan Mei 2017 mendatang.

Bukan hanya Cerdas Cermat, untuk menambah wawasan siswa terkait teknik kimia, kegiatan ini akan berlangsung dengan beberapa lomba selanjutnya. Seperti lomba Karya Tulis Ilmiah pada 11 April mendatang yang diusung dengan topik Makassar Smart City, juga akan dilanjutkan dengan Kuliah Umum Teknologi dan Pameran Teknologi pada 27 April 2017.

Dengan mengusung tema Regeneration, Action dan Dedication, Ketua Hima Teknik Kimia Unibos berharap dapat mendorong siswa melatih kemampuan diri dalam bidang ini. “Lomba ini kita rencanakan sebagai agenda rutin tahunan untuk mengajak para siswa yang menggeluti bidang teknik kimia agar lebih menambah wawasan dan pengalaman. Ini juga akan memberi motivasi untuk mereka mengetahui sejauh mana bakat dalam bidang ini yang mereka miliki. Sehingga akan lebih siap lagi sebelum memasuki dunia perkuliahan”, tutur Andi Fitra.

Hal tersebut juga ditegaskan oleh Wakil Rektor III Unibos. “Juara tidak akan hadir tanpa melalui proses dan orang yang berani berkompetisi telah membuktikan bahwa dirinya pun berani untuk menjadi juara. Yang dibutuhkan dalam berkompetisi adalah bagaimana kita selalu ingin melakukan yang terbaik. Semoga generasi penerus ini dapat menjawab tantangan masa depan terkhusus dalam persaingan global di bidang ini”, pungkas Dr. Abd.Haris Hamid,SH.,MH.

Para peserta lomba diikuti dari SMA Khatolik Rajawali, SMK Sekolah Menengah Analisis Kimia Makassar, SMAN 3 Makassar, SMA Muhammadiyah Sungguminasa, Pondok Pesantren An-Nahdlah Layang dan Pondok Pesantren An-Nahdlah Sudiang. Ketua Hima Teknik Kimia Unibos menambahkan, pemenang urutan I, II, dan III dalam setiap lomba ini akan diberi kesempatan bebas tes dan secara langsung dapat melanjutkan studi di Prodi Teknik Kimia Unibos.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *