FAKULTAS PERTANIAN UNIBOS  PANEN PERDANA

FAKULTAS PERTANIAN UNIBOS PANEN PERDANA

Panen perdana beberapa hasil tanaman mahasiswa dan dosen Fakultas Pertanian Universitas Bosowa (Unibos) hari ini dilakukan di Lahan Sekolah Alam Bosowa dan Laboratorium Terpadu Fakultas Pertanian Unibos, Jumat (06/01).

Kegiatan yang diawali langsung oleh Rektor Unibos juga dihadiri WR I, WR II, Direktur Pascasarjana, Ketua LPPM, Dekan Fakultas Pertanian dan Civitas Akademika Unibos ini memperlihatkan hasil panen yang memuaskan bagi para pengolah lahan. Terlihat beberapa hasil tanaman seperti jagung hibrida, sayuran seperti kangkung, bayam, paria dan juga ubi jalar yang dari segi ukuran pun memperlihatkan hasil pengolahan yang baik.

Lahan yang diolah di Sekolah Alam Bosowa dan Lab. Terpadu Fakultas Pertanian Unibos ini merupakan lahan yang dikelola atas izin dari Yayasan Aksa Mahmud. Beberapa hasil pengolahan lahan bukan hanya dimaksudkan untuk menghasilkan produk hasil tanaman sendiri tetapi juga sebagai wadah belajar bagi mahasiswa khususnya mereka yang akan melakukan praktik lapangan dan penelitian.

Dr. Syarifuddin, S.Pt.,MP selaku Dekan Fakultas Pertanian Unibos menuturkan jika kedepannya pengolahan seperti ini bisa membantu mahasiswa menjadi lebih profesional dalam mengupayakan berbagai aneka tanaman.

“Proses pertanian seperti ini bisa menjadikan mahasiswa memiliki pusat koleksi tanaman sendiri supaya nantinya bisa menjadi bahan praktik dan penelitian mahasiswa untuk mengolah produk sendiri. Khusus jangka panjang juga, ini bermanfaat membantu mahasiswa dalam melatih jiwa entrepreneur di bidang pertanian dengan komoditi tertentu”, ungkap Dekan Fakultas Pertanian Unibos.

Jagung dan beberapa hasil tanaman lain yang dipanen sesuai dengan ketentuan usia tanaman ini memang diolah tersendiri dengan menggunakan perawatan khusus. Salah satunya dengan pemberian pupuk tertentu menggunakan pupuk organik. Pupuk organik yang diberikan merupakan hasil partisipasi dari cairan urin kambing yang difermentasikan juga dari kulit tanaman kakao.

Dekan Fakultas Pertanian Unibos menambahkan jika perawatan tanaman termasuk pupuk yang digunakan juga tidak terlepas dari peran penting beberapa alumni Fakultas Pertanian Unibos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *