PEREKRUTAN ANGGOTA BARU, LKM UNIBOS GELAR PENTAS SENI

PEREKRUTAN ANGGOTA BARU, LKM UNIBOS GELAR PENTAS SENI

Unit Kegiatan Lembaga Kesenian Mahasiswa (UKM LKM) Universitas Bosowa (Unibos) memiliki cara tersendiri dalam perekrutan anggota baru. Kegiatan yang dilakukan untuk merekrut angkatan IX ini diperlihatkan ketika UKM LKM Unibos menggelar pentas seni dengan nama pementasan sosialisasi di Lobby Gedung I Universitas Bosowa, Rabu (04/17).

Pentas seni yang berbalut karya-karya tradisional anggota UKM LKM Unibos ini dilaksanakan dengan menampilkan 5 divisi sebagai konsep dasar seni. Dalam hal ini Divisi Tari yang mewakili bidang gerak menampilkan Tari Paduppa dan Tari 4 Etnis, Divisi Sastra yang mewakili bahasa menampilkan puisi bertajuk kebudayaan, Divisi Musik yang mewakili irama ditampilkan dengan pentas seni musik, Divisi Rupa yang mewakili gambar ditampilkan dengan pameran karya lukis, dan empat divisi tersebut disatukan dalam Divisi Teater khusus memperkenalkan UKM LKM Unibos kepada calon anggota baru.

Pembina UKM LKM Unibos, Dr. Syarifuddin,S.Pt.,MP menuturkan jika perekrutan seperti yang dilakukan saat ini bukan hanya untuk menarik perhatian para calon anggota baru, tetapi maksud lebih penting adalah untuk kembali memperlihatkan kepada mahasiswa terkait budaya-budaya yang saat ini sudah semakin kurang dilirik seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern.

“Ini memang salah satu cara UKM LKM untuk kembali mengangkat budaya yang nilainya sudah sedikit terkikis, lebih dalamnya juga untuk menampilkan potensi-potensi yang dimiliki anggota UKM LKM Unibos. Dasarnya UKM ini memang sebagai wadah mahasiswa untuk melestarikan budaya khususnya Sulawesi Selatan. Sebab lembaga kesenian itu bukan hanya menyalurkan, tetapi juga agen untuk tetap mempertahankan nilai yang terkadung dibaliknya”, ungkap Pembina sekaligus salah satu Pendiri UKM LKM Unibos.

Unit Kegiatan Mahasiswa yang dibentuk sejak tahun 2008 lalu kini telah mencatat hingga 120 anggota termasuk para pengurus lembaga tersebut. Untuk menjadi anggota di UKM yang satu ini memang harus melalui beberapa tahapan seperti tes tertulis, tes wawancara, tes minat dan makat juga beberapa tes lainnya untuk mengetahui kemampuan yang dimiliki calon anggota baru.

Lukman Sabri selaku Ketua Umum LKM Unibos juga mengungkapkan jika kegiatan ini berguna untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa yang ingin bergabung dalam lembaga ini untuk lebih mengenali LKM Unibos sebelum resmi menjadi anggota. Menurutnya, hal ini sekiranya memberi manfaat untuk membantu mahasiswa menentukan pilihan ketika bergabung di LKM Unibos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *