SUDIRMAN SAID MOTIVASI MAHASISWA UNIBOS

SUDIRMAN SAID MOTIVASI MAHASISWA UNIBOS

Menghadirkan Tokoh Nasional sebagai program yang rutin diadakan sebagai bentuk perwujudan empat pilar, Universitas Bosowa menggelar kuliah umum dengan tema “Menjadi Pemimpin, membangun Jiwa Bangsa” yang diselenggarakan di Balai Sidang 45 Makassar, Jumat (18/11).

Hal tersebut juga diungkapkan oleh Rektor Unibos, Prof. Dr. Ir. H.M Saleh Pallu, M.Eng  “Menghadirkan tokoh nasional untuk mendukung dan memberi semangat bagi mahasiswa adalah kegiatan yang akan sering dilakukan Unibos. Sebab untuk melahirkan tokoh nasional sebagai sebuah visi Unibos, kita sebagai civitas akademika juga seharusnya mendukung visi tersebut dengan menghadirkan tokoh nasional juga”, ungkap Rektor Unibos.

Kegiatan yang menghadirkan Sudirman Said, MBA selaku Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)  periode 2014-2016 ini dilakukan untuk memberi motivasi kepada mahasiswa Universitas Bosowa dalam membangun jiwa menjadi seorang pemimpin. Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Founder Bosowa H.M. Aksa Mahmud, Ketua BPH Yayasan Aksa Mahmud, civitas akademika Unibos, mahasiswa Unibos dan mahasiswa Politeknik Bosowa.

Menurut H.M Aksa Mahmud, ilmu yang didapatkan dalam kuliah umum ataupun kegiatan positif lainnya adalah salah satu asset bangsa kedepannya. “Ilmu yang kita peroleh dari hal positif manapun itu bias memunculkan semangat yang melahirkan pemimpin bangsa. Selain itu, seseorang yang baik juga dimunculkan dari dasar yang baik, dan untuk mendapatkan dasar yang baik juga harus dipicu dari orang yang memiliki dasar yang baik pula”, tutur Founder Bosowa.

Pemilik Bosowa Group ini juga menambahkan jika seorang pemimpin itu lahir dari beberapa hal termasuk orang yang hebat lahir dari banyak membaca, banyak mendengar dan memberanikan diri untuk banyak berdialog, tambahnya.

Dalam pemaparan materi menjadi seorang pemimpin oleh Sudirman Said, Menteri ESDM 2014-2016 ini mengungkapkan ada beberapa hal yang dapat kita lihat dari dalam diri untuk menjadi seorang pemimpin. Hak tersebut dilihat dari tiga hal, itu atribut individu yang dimiliki seseorang seperti bakat dan karakter, usaha seseorang untuk mencapai dengan baik apa yang diharapkan, dan juga dukungan dari lingkungan sekitar termasuk kerabat dan keluarga.

Sudirman Said juga menambahkan beberapa faktor yang mendukung kita sebagai individu berprestasi. Hal tersebut bisa didapatkan dari perilaku pribadi dan kekuatan. Menurutnya, pemimpin yang sebenarnya itu dimunculkan dari bagaimana rasa hormat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *