PERINGATI SUMPAH PEMUDA, HIMAPSIH UNIBOS ADAKAN LOMBA ORASI

PERINGATI SUMPAH PEMUDA, HIMAPSIH UNIBOS ADAKAN LOMBA ORASI

Sumpah bukan sampah, sumpah adalah janji yang harus diingat, harus dilaksanakan”, ungkap Agustiamal Arsyad, Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum (HIMAPSIH) Universitas Bosowa saat memberikan sambutan dalam acara lomba orasi memperingati hari Sumpah Pemuda, Kamis (27/10).

Kegiatan yang dilaksanakan di Lobby Kampus I Unibos ini mengusung tema “Eksistensi Ideologi Pancasila di Era Globalisasi” dengan maksud untuk melatih mahasiswa menyampaikan aspirasi dengan baik juga membantu mahasiswa memahami ideologi bangsa dan negara. Hal tersebut juga diungkapkan oleh Ketua Prodi Ilmu Hukum, Sitti Zubaidah saat memberikan arahan terkait pelaksanaan kegiatan lomba ini.

“Lomba ini kita adakan untuk melatih mahasiswa agar lebih mampu berbicara secara ilmiah dan berbicara dengan makna. Bukan menyampaikan aspirasi dijalan yang bisa merugikan orang lain. Lomba dengan tema ini diadakan supaya mahasiswa bisa lebih menangkap hakekat sumpah pemuda. Bagaimana perjuangan para bangsa dulu dan juga mengajarkan mahasiswa untuk hidup multikulturalisme supaya bisa menerima satu sama lain dan hidup berdampingan dengan baik meskipun berbeda budaya”, tutur Sitti Zubaidah.

Lomba orasi yang pertama kali diadakan oleh Fakultas Hukum ini diikuti oleh beberapa peserta dari Himpunan Mahasiswa se-Universitas Bosowa. Pemenang lomba ini dinilai berdasarkan kriteria-kriteria tertentu termasuk penguasaan materi terkait tema, bagaimana peserta memahami ideologi dan ketepatan waktu. Ini dilakukan untuk mengarahkan mahasiswa dapat berbicara secara lebih sistemastis dan memiliki karakter kebangsaan, juga menjadi lebih profesionalisme didepan publik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *