Konjen Australia Beri Kuliah Umum di Unibos

Konjen Australia Beri Kuliah Umum di Unibos

Prodi Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik menggelar Kuliah Umum bersama Richard Mathews, Rabu (11/4).

Richard Mathews adalah Konsulat Jenderal Australia di Makassar. Kuliah umum yang mengangkat tema Hubungan Australia dan Indonesia dalam Era Globalisasi ini dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai program studi di Universitas Bosowa.

Ketua program studi HI mengungkapkan bahwa kerja sama dengan berbagai pihak baik nasional maupun internasional terus digalakkan. “Saat ini, kami aktif untuk menggelar kuliah umum dengan mendatangkan berbagai pihak dari berbagai disiplin ilmu,” ungkap Zulkhair Burhan. Hal ini dilakukan untuk membuka wawasan dan pandangan mahasiswa HI dalam memandang kajian disiplin ilmunya dari berbagai perspektif.

Sehubungan dengan misi diplomatik, Australia pada Maret 2016 ini baru saja mendirikan Konsulat Jenderal Australia di Makassar. Richard Mathews mengungkapkan bahwa pendirian konsulat jenderal Australia ini merupakan respon positif Australia dalam menyikapi perkembangan kota Makassar yang pesat. “Makassar adalah kota metropolitan,kota yang mengalami pertumbuhan dari segi masyarakat dan pembangunan yang cukup pesat,” ungkapnya. Menurutnya, Makassar sebagai pusat dari Kawasan Timur Indonesia memiliki potensi yang besar untuk terus berkembang.

Menyoal tentang hubungan diplomatik Australia dan Indonesia, Richard mengungkapkan bahwa setiap warga Negara baik Indonesia maupun Australia memiliki kesempatan yang sama untuk memberikan kontribusi nyata dalam membangun hubungan bilateral yang baik antar kedua negara ini. “Salah satu caranya adalah dengan mencari tahu informasi kedua Negara satu sama lain. Semakin kita tahu banyak maka akan semakin bisa kita untuk saling mengerti satu sama lain,” ungkapnya.

Di era globalisasi seperti sekarang ini, seperti tema yang dibahas dalam kuliah umum ini, pendidikan dianggap menjadi fokus terpenting dalam memperbaiki hubungan dua Negara ini. Saat ini, Australia membuka jalan selebar-lebarnya untuk masyarakat Indonesia yang ingin menjadikan Australia sebagai Negara tujuan studi dengan berbagai jenis beasiswa yang sediakan oleh pemerintah Australia kerjasama dengan pemerintah Indonesia. (Humas Unibos)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *