Masuki Tahun Ke II, UKM Jurnalistik Gelar Mubes

Masuki Tahun Ke II, UKM Jurnalistik Gelar Mubes

Mahasiswa Universitas Bosowa (Unibos) yang tergabung  dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jurnalistik melakukan Musyawarah Besar (Mubes) ke-II. UKM Jurnalistik yang telah memasuki tahun keduanya ini, pertama kali dibentuk di bulan November 2014. Kegiatan yang bertema “Memperkuat Pers Kampus dalam  Tatanan Demokratis yang Berkeadilan” tersebut dilakukan di Auditorium Aksa Mahmud, lantai 9 Gedung 2, Sabtu (28/11).

Mubes ini dibuka secara resmi oleh ketua BPH Unibos, Drs. H. Waspada Santing, S. Sos, M. HI serta dihadiri oleh seluruh pengurus UKM Jurnalistik dan perkawilan seluruh organisasi kemahasiswaan Unibos. “Jurnalis harus disiplin dalam mengemban amanah yang diberikan. Disiplin dalam memperhatikan etika dan disiplin dalam ketaatan waktu,” ungkap Waspada Santing. Waspada Santing yang juga merupakan akademisi Unibos ini menegaskan bahwa mengedepankan asas praduga tidak bersalah dalam melaporkan suatu peristiwa juga adalah kewajiban bagi setiap jurnalis.

Mubes yang digelar ini, menjadi ajang mahasiswa untuk mempertanggungjawabkan seluh kegiatannya dalam kurun waktu satu tahun kepengurusan dengan memaparkan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ). Selain itu, musyawarah ini menjadi tempat untuk membahas Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) organisasi. Melalui musyawarah ini pulalah, ketua Umum UKM Jurnalistik Periode 2015-2016 dipilih. Herman Pelani kembali terpilih sebagai Ketua Umum Periode 2015-2016 setelah melalui serangakian tahapan seperti Pengajuan nama oleh seleuruh peserta, pemaparan visi dan misi, uji kompetensi dan tentu saja pemahaman terkait masalah Jurnalistik.

Herman Pelani yang merupakan mahasiswa Fakutas Hukum ini mengungkapkan bahwa pengembangan UKM Jurnalistik kedepannya menjadi prioritas.  “Saat ini, yang dikenal dari UKM Jurnalistik hanya tentang Surat Kabar Kampus (SKK) Intelektual. Kedepannya, pengetahuan, pemahaman, dan praktik-praktik Jurnalistik akan dikembangkan ke berbagai jenis media. Seperti, Radio, televise maupun online,” ungkapnya.

Organisasi yang saat ini beranggotakan 25 orang ini mengagendakan Workshop Jurnalistik yang akan menyasar mahasiswa angkatan 2013 dan 2014 dari semua jurusan di Unibos pada Desember ini. (Man)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *