Unibos Gelar Workshop Pengabdian Masyarakat

Unibos Gelar Workshop Pengabdian Masyarakat

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Bosowa menggelar Workshop Pengabdian Masyarakat, Selasa (27/10). Workshop digelar di Ruang LPPM, Lantai 5, Gedung II, Universitas Bosowa (Unibos).

Workshop yang dihadiri oleh dosen-dosen peneliti Unibos menghadirkan Dr. Wisnu Nurcahyo sebagai Pembicara Dr. Hamsina ST MT selaku Sekretaris LPPM . Wisnu Nurcahyo merupakan Reviewer Dikti yang juga merupakan dosen Universitas Gadjah Mada (UGM). Dalam kegiatan ini, turut pula hadir Rektor dan Wakil Rektor Unibos.

“Kami menghimbau kepada seluruh peneliti untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya,” tutur Prof. Saleh selaku Rektor Unibos.Prof. Saleh mengungkapkan harapannya agar Unibos bisa lebih fokus untuk menjabarkan Tri Dharma Perguruan Tinggi sehingga mampu memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat.

Pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi bisa dijabarakan dalam banyak hal, salah satunya melalui Pengabdian Kepada Masyarakat. “Saat ini program penelitian yang dilakukan oleh dosen-dosen masih mendominasi. Dan PR terbesar kita saat ini adalah bagaimana menghilirkan program kita ke masyarakat yaitu dengan melakukan program pengabdian kepada masyarakat sebanyak-banyaknya,” ungkap Dr. Wisnu Nurcahyo.

Melalui kesempatan ini, Wisnu Nurcahyo menyampaikan informasi bahwa di tahun 2016 mendatang akan ada tambahan Skim HiLink yang berdasar pada Hilirisasi hasil-hasil Riset, Percontohan, dan Desa Nelayan. HiLink merupakan program kemitraan antara Perguruan Tinggi, Pemerintah Daerah, dan Masyarakat Industri.

“Olehnya, mumpung Kawasan Timur Indonesia punya potensi besar, maka untuk pengembangan kedepannya bisa lebih difokuskan pada wilayah maritim. Kalau hal ini bisa dikembangkan maka akan memberikan manfaat yang lebih kepada masyarakat,” tutur Wisnu Nurcahyo.

Menurutnya, strategi pencapaian bidang pengabdian masyarakat adalah Peningkatan Kualitas Berkelanjutan, perluasan basis kerja sama, perkuatan kelembagaan, dan pemenuhan tata kelola yang baik. “Intinya, dalam membuat program pengabdian masyarakat, jangan setengah-setengah. Perluas pergaulan, jeli melihat masalah, dan gali ide dari berbagai disiplin ilmu,” tutupnya. (Humas Unibos)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *