UKM Kewirausahaan Unibos akan Bentuk Inkubator

UKM Kewirausahaan Unibos akan Bentuk Inkubator

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kewirausahaan Universitas Bosowa (Unibos) menggelar pelantikan pengurus organisasi periode 2015-2016, Kamis (8/10). Bertempat di lantai 2, Gedung I Unibos, pelantikan ini mengangkat tema Menyongsong Hari Esok dengan Semangat Berwirausaha Menuju Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015.

Kewirausahaan menjadi visi yang dijabarkan oleh Unibos. Dr. Herminawati selaku Pembina UKM yang juga Dosen Fakultas Ekonomi ini mengungkapkan bahwa kewirausahaan merupakan pola ilmiah pokok di Unibos. “Kami berharap, UKM Kewirausahaan ini dapat menjadi jembatan bagi universitas untuk mencetak entrepreneur yang handal nantinya,” tuturnya. Menurutnya, UKM Kewirausahaan ini menjadi organisasi yang tepat sebagai wadah berkreasi dan pembelajaran bagi mahasiswa, khususnya pengamalan mata kuliah Kewirausahaan pada semester I dan II.

UKM yang diketuai oleh Busgalanri Bahar ini menaungi Departemen Perencanaan Usaha, Departemen Komunikasi, Departemen Pengembangan Usaha, Depertemen Persiapan Usaha, Departemen Organisasi, dan Departemen Publikasi. Busgalanri mengungkapkan bahwa output dari pelaksanaan kegiatan selama satu tahun kedepan adalah adanya inkubator wirausaha dengan menggandeng berbagai pihak dan institusi. “Inkubator inilah yang akan menjadi sentra pengembangan kegiatan berwirausaha di Unibos,” tuturnya.

Busgalanri menambahkan bahwa kerja sama dengan organisasi-organisasi internal telah digalakkan sedikit demi sedikit. Salah satunya adalah dengan menjalin kerja sama bersama UKM Penelitian dan Penalaran Mahasiswa. Tahun ini, Unibos memprogramkan untuk mengirim 100 proposal ke Dikti untuk mengikuti Program Kreatitvitas Mahasiswa (PKM). UKM ini berperan untuk mengarahkan jenis proposal yang dikirim ke bidang wirausaha dengan melakukan penelitian bersama di daerah Pangkep. Penelitian ini difokuskan pada bidang Pertanian, tambak, petani, rumput laut, dll. Kolaborasi yang terjalin antar dua organisasi ini diharapkan oleh Busgalanri dapat membantu Universitas untuk mencapai targetnya dalam hal penelitian dan penalaran serta kewirausahaan.

Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan Unibos, Abd. Haris Hamid, melantik langsung pengurus UKM Kewirausahaan dengan berdasar pada Surat Keputusan Rektor Nomor 917/01/U-45/IX/2015. Haris Hamid mengungkapkan dukungan dan apresiasi setingi-tingginya atas sinergi yang dibangun oleh mahasiswa antar organisasi. “Di zaman berkembang seperti sekarang ini, peningkatan kualitas diri harus kita lakukan agar tidak ketinggalan. Salah satu wadah peningkatan kulitas diri adalah berorganisasi. Di universitas ini, mahasiswa punya porsi 25% waktu untuk menempa diri, 75 % untuk berkuliah. Silahkan dimanfaatkan,” tutupnya. (Humas Unibos)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *