Sesuai Visi, FS Unibos Gelar Seminar Kewirausahaan

Sesuai Visi, FS Unibos Gelar Seminar Kewirausahaan

Universitas Bosowa 45 telah memasuki era baru dengan menjungjung Visi universitas yaitu menjadi Universitas unggul yang melahirkan tokoh nasional, berjiwa entrepreneur, berbasis teknologi informasi, dan berwawasan global. Visi inilah yang dijabarkan ke seluruh elemen universitas dengan berbagai kajian disiplin ini. Rabu (30/9), Fakultas Sastra Universitas Bosowa (FS Unibos) menggelar Seminar Nasional Kewirausahaan.
Bertempat di Balai Sidang 45, seminar nasional ini mengusung tema Menjadi Pengusaha Muda Sukses Indonesia. Hadir sebagai pembicara Dr. Syamsul Rizal (Wakil Walikota Makassar), Dr. Sukmawati (Pengamat Ekonomi & Wakil Rektor I Unibos), dan Yusran IB Hernald (Sekretaris DPP Apindo Sulsel). Keseluruhan pembicara memaparkan kondisi ekonomi kekinian Indonesia. Menurutnya, satu Negara paling tidak memiliki 2% pengusaha dari total seluruh penduduk yang dimilikinya. “Saat ini Indonesia baru memiliki 0.2% pengusaha. Ini artinya, jauh ketinggalan dari Negara-negara lain,” tutur Dr. Sukmawati.
Hal ini yang ditegaskan oleh Daeng Ical, sapaan akrab Wakil Walikota Makassar “Persaingan semakin ketat. Hari ini jamannya unjuk gigi. Kita harus tahu siapa diri kita untuk bisa bersaing”. Dalam pertemuan singkatnya, Daeng Ical memberikan motivasi kepada seluruh peserta seminar yang didominasi oleh mahasiswa ini. Menurutnya, menciptakan kekhususan, menjadi yang berbeda dengan yang lain adalah penting untuk membuat siapapun yang berwirausaha menjadi brand, menjadi yang diingat ketika banyak orang membicarakan tentang bisnis.
Selain itu, Fatmawati Arisuddin, mahasiswa Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan Unibos yang menjadi salah satu dari wakil Indonesia yang menjadi Duta pada Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Indonesia-Tiongkok diberi kesempatan untuk mempresentasikan produk kewirausahaannya di hadapan seluruh peserta seminar. Melalui program Kementrian Pemuda dan Olahraga ini, Fatmawati berhasil menunjukkan produk kewirausahaannya dan belajar banyak saat berada di China selama 10 hari.
“Visi kita sudah jelas. Tugas kami dari pihak Universitas adalah menyediakan wadah sedang Tugas mahasiswa adalah berkreasi,” ungkap Prof. Saleh Rektor Unibos di sela-sela sambutannya. Prof. Saleh mengungkapkan dukungannya dan berharap hal semacam ini menjadi penyulut bagi kegiatan-kegiatan lain dari fakultas-fakultas yang berbeda. (Humas Unibos)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *