Mahasiswa Unibos Dibekali Workshop PKM

Mahasiswa Unibos Dibekali Workshop PKM

Puluhan mahasiswa Universitas Bosowa (Unibos) mengikuti Workshop penyusunan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di Auditorium Aksa Mahmud, Lantai 9, Gedung II, Unibos, Senin (28/9).

PKM merupakan program yang dirancang oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) sebagai wadah mahasiswa untuk muncul dalam menjawab kesenjangan antara teori yang diperoleh mahasiswa dengan realita kebutuhan masyarakat serta tuntutan masyarakat terhadap mutu lulusan perguruan tinggi. Hingga saat ini, PKM telah difokuskan pada lima bidang yaitu PKM-Penelitian, PKM-Penerapan teknologi, PKM-Kewirausahaan, PKM-Pengabdian, dan PKM-Karsa Cipta. PKM lima bidang tersebut akan berakhir pengirimannya pada 10 Oktober mendatang.

Workshop yang digelar oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Penelitian dan Penalaran Mahasiswa Unibos ini menghadirkan Ilham Nurhidayat sebagai pemateri. Alumni Universitas Muhammadiyah Makassar ini membagi ilmu dan pengalamannya dalam menyusun PKM hingga mendapat pendanaan proposal dan terpilih hingga dua kali untuk mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas).

“Mahasiswa adalah mereka yang mampu muncul di tengah masyarakat dengan mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat. Olehnya, menyusun PKM ini merupakan peluang besar untuk melatih kita agar menjadi bermanfaat bagi orang lain” ungkap Ilham.

Ilham menyampaikan bahwa dalam penyusunan PKM, dibutuhkan kepekaan terhadap dunia sosial. “Kita harus peka melihat fenomena sekitar. Tidak berhenti disitu, peran mahasiswa adalah menjadi solusi dari setiap masalah yang ditemukannya. Satu hal yang tidak boleh dianggap remeh juga adalah membaca dengan seksama buku panduan yang diberikan Dikti,” tambahnya.

Unibos memberikan dukungan penuh kepada mahasiswanya untuk mengembangkan kreatifitas dalam berbagai bidang termasuk penelitian. Sehingga, kultur ilmiah senantiasa bisa terjaga di kampus ini. “Melalui lembaga penelitian, kami melakukan pembinaan sepanjang waktu. meski dalam lingkup yang lebih kecil. Kami optimis, tahun ini kami bisa mengirim lebih banyak,” tutur Zulkifli Makkawaru selaku Ketua Divisi Penelitian Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. (Humas Unibos)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *