Maba Unibos Disiapkan Hadapi MEA

Maba Unibos Disiapkan Hadapi MEA

Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) menjadi tantangan tersendiri untuk dunia pendidikan Indonesia, tidak terkecuali di lingkungan Unversitas Bosowa (Unibos). Melalui kegiatan Basic Study Skill (BSS), Unibos menyebarluaskan semangat motivasi diri untuk menghadapi MEA 2016 nanti.

BSS Unibos hari ini memasuki hari kedua pelaksanaannya, Rabu (9/9). Seluruh Mahasiswa Baru (Maba) Universitas Bosowa wajib mengikuti kegiatan ini sebagai rangkaian penyambutan maba.

Bertempat di Balai Sidang 45, hadir sebagai pemateri Direktur Bosowa Property, Fauziah Sulfitri S.Psi. Melalui forum terbuka ini, Fauziah Sulfitri membagi banyak pengalamannya sebagai General Manager dan pengalamannya melanglang buana dalam dunia perekrutan karyawan di berbagai perusahaan. Hal ini disampaikannya sebagai bahan pertimbangan untuk seluruh mahasiswa Unibos agar mempersiapkan masa depan yang cerah dimulai dari hari ini.

“Saya menyarankan kepada kalian untuk mengejar karir bukan pekerjaan,” ungkapnya. Menurutnya, mengejar karir akan mendorong manusia untuk membangun kompetensi. Sedang mengejar pekerjaan, hanya akan membuat manusia untuk terpaku untuk mengejar materi.

Pengalamannya melanglang buana di berbagai perusahaan, membuatnya paham akan kriteria mendasar seperti apa yang dibutuhkan di banyak perusahaan saat ini. Menurutnya, kompetensi yang dibangun dari skill, knowledge, dan attitude  menjadi sangat penting. “Selain itu, sikap dan etos kerja yang tinggi semestinya dibangun sejak dini. “Kejujuran, Integritas, kepedulian, kemampuan bekerja sama, dan inovatif menjadi hal yang sangat dipertimbangkan oleh perusahaan-perusahaan hari ini,” katanya.

Hal ini pulalah yang diungkapkan oleh Prof. Dr. Hamdan Juhannis, Profesor termuda yang juga akademisi dari Universitas Islam Negeri Alauddin saat membawakan materi Dream Comes True. Menurutnya mimpi adalah penting untuk mengatahui apa yang ingin kita raih di masa yang akan datang dan membangun kompetensi diri juga tidak kalah pentingnya. “Asah integritas kalian. Berani berbuat, berani bertanggung jawab,” ungkapnya.

Turut hadir pula sebagai pemateri dan Dr. Hj. A. Siti Nuraeni, M.Pd, akademisi dari Unibos. Keseluruhan materi yang diberikan pada BSS hari kedua ini merupakan bekal awal untuk membentuk karakter maba Unibos agar mampu membangun kompetensi dalam menghadapi persaingan global. (Humas Unibos)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *