KSR PMI Unibos Kirim Wakilnya Ikut Pelatihan Psikososial

KSR PMI Unibos Kirim Wakilnya Ikut Pelatihan Psikososial

Dua anggota Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) Unit Universitas Bosowa (Unibos) diutus untuk mengikuti Phsycosocial Support Program (PSP) di Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Kegiatan PSP adalah pelatihan nasional yang akan diselenggarakan tanggal 6-12 September 2015.
BNPB di tahun 2014 mencatat intensitas bencana hidrometeorologi (banjir, tanah longsor, dan kekeringan) yang sejalan dengan peningkatan aktivitas manusia, dan kerusakan lingkungan hidup semakin meningkat. Berdasar pada kenyataan tersebut, PSP hadir sebagai wadah untuk meningkatkan kualitas dalam hal psikososial sebagai salah satu program pemulihan psikis korban pasca bencana.
Noriman Isma Wahyudin dan Aulia Febriani, mahasiswa Fakultas Psikologi Unibos angkatan 2013 akan mengikuti PSP dan seluruh rangkaian kegiatannya, termasuk seminar nasional dengan tema Urgensi Penanganan Trauma Pasca Bencana Alam.
“Kegiatan ini merupakan kegiatan nasional yang mengundang berbagai KSR Perguruan Tinggi se Indonesia,” ungkap Aulia Febriani. Peserta yang dijadwalkan akan menghadiri kegiatan ini adalah anggota KSR PMI yang telah mendapat sertifikat dasar.
“Kami betul-betul mendukung segala upaya pengembangan diri mahasiswa berdasarkan peminatannya masing-masing,” ungkap Abd. Haris selaku Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan Unibos. Berbagai kegiatan pengembangan diri dijadwalkan akan diikitu lagi oleh mahasiswa-mahasiswa Unibos.
Selanjutnya, KSR PMI Unibos kembali akan mengirim wakilnya pada Pelatihan Nasional Spesialisasi Diseminasi Kepalangmerahan. Kegiatan ini merupakan satu bentuk untuk meminimalisir dan mencegah konflik yang terjadi dengan menyebarluaskan nilai-nilai kepalangmerahan berdasarkan prinsip-prinsip dasar gerakan. Dengan mengusung tema The True Life for Humanity, kegiatan ini akan dilaksanakan di dua daerah yaitu Makassar dan Toraja pada tanggal 13-21 September nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *