Kepala Kejati Sulselbar dialog Tentang Kasus Korupsi dengan Mahasiswa Unibos

Kepala Kejati Sulselbar dialog Tentang Kasus Korupsi dengan Mahasiswa Unibos

Badan Eksekuti Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Universitas Bosowa (Unibos) mengadakan dialog dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) SULSELBAR, dengan tema “Mewujudkan Kejaksaan Sebagai Ujung Tombak Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi” di Auditorium Yayasan Aksa Mahmud, Rabu (18/02/2015). Dialog ini menghadirkan Kepala kejaksaan tinggi Sulselbar Suhardi SH,.MH sebagai pemateri.

Acara ini dibuka Rektor Universitas Bosowa Makassar, Prof. Dr. Ir. H. Muhammad Saleh Pallu, M. Eng. Hadir pula civitas akademika Universitas Bosowa Makassar diantaranya Wakil Rektor III, Abdul Haris Hamid SH,.MH, kepala Badan Etika Hukum Prof. Dr. H. A. Muh. Arfah Pattenreng, SH, MH, para dekan, pengurus BEM serta segenap mahasiswa Universitas Bosowa Makassar.

Dalam dialog ini Suhardi, SH.,MH selaku Kepala Kejaksaan Tinggi Sulsel-Bar, memberikan pencerahan dengan membuka paradigma mahasiswa terkait cara menanggulangi tingkat korupsi di Sulsel-Bar. Menurutnya, langkah yang paling baik untuk menangani meluasnya kasus kruosi melalui proses pencegahan bukan pemidanaan pelaku korupsi.

Dari data Perkara korupsi di tahun 2014 terjadi 87 kasus korupsi di Sulsel-Bar, sedangkan di tahun 2015 sebanyak 9 kasus korupsi. Melalui dialog ini mahasiswa dapat mendapatkan banyak informasi tentang kasus korupsi di Sulselbar sekaligus menyalurkan pendapatnya mengenai penanganan kasus tersebut. Menurut Suhardi, dirinya memberi apresiasi kegiatan mahasiswa Unibos ini karena mampu menyampaikan aspirasi lewat forum dialog yang dinilai lebih positif daripada harus turun ke jalan.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Bosowa ini, karena dapat menyampaikan aspirasinya melalui kegiatan dialog tanpa harus turun ke jalan, merusak dan mengganggu sarana umum, hal ini merupakan langkah positif bagi mahasiswa dengan demikian aspirasi mereka akan lebih didengarkan,” tutur Kepala Kejari tersebut.

Ketua BEM Fakultas Hukum Saipul, menuturkan bahwa kegiatan dialog ini diadakan bertujuan untuk menjalin silaturahmi antara Fakultas Hukum Universitas Bosowa Makassar dengan Kejaksaan Tinggi. Terlebih lagi Fakultas Hukum akan mengadakan kerjasama dengan mengadakan MoU dalam bidang KKPH (Kuliah Kerja Profesi Hukum/KKN di Kejaksaan), serta mengadakan Kuliah Umum/Jaksa masuk kampus.(Anto/Man)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *